Kamis, 26 Agustus 2010

Lagu Perjuangan Menggema Setiap Pagi Di Smp Negeri 27 Purworejo

Menanamkan semangat nasionalisme bagi peserta didik merupakan amanat yang harus diemban oleh setiap insan pendidik dalam hal ini siapa saja yang berprofesi sebagai guru. Begitu pula sekolah sebagai institusi yang menanamkan jiwa semangat nasionalisme kesadaran berbangsa dan bernegara memiliki peran penting dalam proses berkembangnya semangat jiwa nasionalisme. Melalui kurikulum secara normative telah terakomodasi keterlayanan akan kebutuhan penanaman berbangsa dan bernegara melalui pelajaran kewarganegaraan. Akan tetapi apa yang telah tercakup dalam kurikulum tidak tersentuh seluruh aspek yang menjadi kebutuhan siswa dalam arti penanaman nilai tidak segera saja terpenuhi hanya melalui kurikulum saja.Penanaman nilai harus berlangsung secara terus menerus dan dengan melalui berbagai cara yang menyentuh sendi kehidupan dan humanisme. Pada tataran ini SMP Negeri 27 dalam rangka menanamkan nilai berbangsa dan bernegara salah satu cara yang diprogramkan yaitu dengan memperengarkan lagu lagu perjuangan melalui audio yang ada di sekolah, dalam hal ini bahkan sekolah telah memiliki pemancar radio FM “ Radio 27 TOP FM “ maka lagu lagu perjuangan menjadi menu pokok yang dipancarkan setiap pagi menjelang jam pertama masuk sekolah. Sesuai program kerja sekolah dalam rangka mempertebal rasa berbangsa dan bernegara serta mengembangkan semangat nasionalisme, patriotisme serta pananaman nilai semangat juang 45 program siaran lagu perjuangan menjadi sebuah kewajiban yang harus diperdengarkan kepada semua siswa.                                                               
Momentum yang tepat untuk memperdengarkan siaran lagu lagu perjuangan dengan menggunakan waktu sebelum jam pertama masuk sekolah, pada jam istirahat dan waktu waktu pada momentum tertentu yang saat sekolah tidak berlangsung proses pembelajaran di kelas. Ketercukupan sarana akan audio yang bisa diakses oleh setiap kelas sudah tersedia dengan  fasilitas setiap kelas telah terfasilitasinya perangkat audio. Untuk ketercukupan ruang ruang publik dilingkungan sekolah seperti halaman sekolah, Hall, Halaman dalam atau lapangan basket, perpustakaan, ruang laboratorium,IPA dan TIK serta tempat tempat publik yang lain untuk ketercukupan siswa mampu mengakses/ mendengarkan lagu lagu perjuangan telah tersedia Box Audio yang mampu mencakup publik mendengarkan pancaran lagu lagu perjuangan.
Memperdengarkan lagu lagu perjuangan kepada peserta didik setiap pagi dengan harapan jiwa semangat juang nilai nilai perjuangan 45 tertanam kepada siswa karena lagu perjuangan yang diperdengarkan setiap hari pasti secara tidak langsung akan menggugah memori pada masa perjuangan jaman dahulu khususnya masa berdirinya republic Indonesia. Pada kurun waktu tertentu sekolah memberikan tugas kepada siswa melalui guru kesenian  yang bekerjasama dengan  guru PPKn  untuk menugaskan siswa memberikan apresiasi terhadap lagu lagu perjuangan yang telah dibiasakan diperdengarkan kepada siswa. Melalui apresi seni yang selanjutnya dikabarkan di media majalah dinding sekolah.
Perwujudan lain dalam memelihara nilai juang 1945 berbagaia agenda sekolah telah direncanakan termasuk didalamnya mengundang tokoh pejuang Dewan Harian Cabang 1945 Purworejo untuk memberikan ceramah perjuangan sekaligus mengenang masa masa berjuang pada jaman dahulu. Hal ini sangat lah tepat bahwa kita pada bulan Agustus ini menjelang memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesi a yang ke 65. Selain mengunang tokoh pejuang Dewan Harian Cabang 1945 sekolah juga memprogramkan penulisan puisi perjuangan yang wajib ditulis dan di kirimkan kepada teman teman sekolahnya.                                                                 
Dengan saling menulis dn mengirim puisi perjuang kepada temannya sebagai perwujudan insan Indonesia yang sangat peduli dengan nilai nilai perjuangan serta berupaya melestarikannya.
Melestarikan nilai nilai perjuangan merupakan kewajiban setiap insane Indnesia tidak pandang tua muda besar kecil merawat dan melestarikan seangat juang sangatlah diperlukan kesungguhan dan keiklasan. Dahulu para pejuang pendahulu kita berjuang dengan iklas tanpa pamrih nilai nilai seperti ini harus terwarisi oleh generasi muda. Semoga dengan iat baik yang tulus seperti pa yang telah dikkerjakan oleh rekan rekan kerja SMP Negeri 27 Purworejo mampu memberi inspirasi bagi generasi muda betapa pentingnya nilai perjuangan semangat 45 wajib diteruskan perjuangannya dirawat dan dilestarikan demi masa depan bangsa Indonesia untuk mencapai puncak kejayaan.

Tidak ada komentar: