Rabu, 29 Februari 2012

study tour de jakarta

selasa, 28 Pebruari 2012, peserta didik kelas VIII SMP Negeri 27 Purworejo melaksanakan kegiatan non prioritas study tour ke Jakarta. bekerjasama dengan biro wisata Mitra Mulya Wisata Magelang, 4 armada bus berangkat dari Sekolah senin 27 Pebruari 2012 jam 16.00, kemudian transit di kebumen untuk istirahat, sholat dan makan. pada kegiatan seperti inilah, para siswa dapat mengkontekstualisasikan pembelajaran sholat jamak dan qoshor selama dalam perjalanan, dan dapat diikuti dengan baik oleh peserta.

perjalanan dilanjutkan ke jakarta melewati lingkat selatan Nagrek, dan sampai di Jakarta hari selasa 27 pebruari jam 4 pagi, untuk mandi pagi, istirahat, sholat dan makan di anjungan DIY taman mini indonesia indah. kemudian rombongan  memulai kegiatan dengan mengunjungi museum gas (keseluruhan wahana yang jadi tujuan study dikunjungi dengan bus keliling). wahana ini sangat menarik, karena bentuknya merupakan desain stasiun pengeboran minyak lepas pantai. didalamnya para siswa diberi presentasi tentang seluk beluk isi wahana, sekaligus dapat melihat sejarah penggalian sumberdaya alam tersebut


lokasi study selanjutnya adalah wahana air tawar, untuk melihat sejarah biota air semenjak zaman pra sejarah sampai saat ini, sekaligus berbagai kekayaan biota air tawar di dunia ini.

lokasi selanjutnya wahana museum serangga, didalamnya para siswa dapat mempelajari berbagai serangga seperti kupu-kupu, capung, dan sebagainya yang telah diawetkan.
tepat pukul 11, rombongan bertolak ke destinasi kedua, Lubang Buaya dan monumen Pancasila Sakti. peserta diberi penjelasan oleh guide tentang sejarah pahlawan revolusi termasuk saksi sejarah di desa lubang buaya dimana masih terdapat bangunan tenpat penyiksaan para pahlawan revolusi, sumur maut tempat mengubur jasad pahlawan pancasila, monumen dan museum pancasila sakti yang berisi diorama dan beberapa koleksi pahlawan revolusi termasuk pakaian yang dikenakan pada saat disiksa dan ditembaki oleh gerakan tiga puluh september / PKI.

setelah sholat dzuhur jamak dengan ashar, dan makan siang, rombongan bertolak ke monumen nasional / MONAS jakarta untuk mempelajari diorama sejara RI dan menyaksikan dari dekat tugu mons yang bermahkotakan emas 22 karat.
jam 15.00 rombongan bertolak ke cibaduyut untuk sekedar berbelanja lalu bertolak kembali ke sekolah dan dengan ridho Alloh swt, sampai dengan selamat di SMP Negeri 27 Purworejo, hari rabu 29 Pebruari 2012 jam 06.10. (den)

2 komentar:

Unknown mengatakan...

wah..psti seneng thu..hehe
pak eko lagi y yg nulis??

kunjungan ke blog saya ya pak di http://rezpected.blogspot.com Febri 9E

Smp Negeri 27 Purworejo mengatakan...

yoi