Selasa, 20 Oktober 2009

DOLALAK PURWOREJO

Sebuah panggung berdiri megah di tengah-tengah lapangan basket, suara gamelan terdengar berkumandang hingga ke pemukiman penduduk. Sekelompok penari manyuguhkan kesenian khas Purworejo menyemarakkan acara tersebut. Yach, acara pentas seni yang diadakan SMP Negeri 27 Purworejo ini sangat meriah. Acara ini memang sengaja diadakan untuk mengisi waktu di sela-sela kegiatan tengah semester gasal tahun pelajaran 2009/2010. Kegiatan ini digelar untuk memberikan kesempatan para siswa menampilkan kamampuannya dalam olah gerak dan menanamkan jiwa seni dan budaya kepada siswa agar warisan budaya ini tidak luntur ditelan kemajuan jaman.
Para siswa terlihat antusias dan semangat membawakan kemampuannya dalam olah gerak menarikan Tari Tarian Maskot Kabupaten Purworejo yaitu TARI DOLALAK dan disaksikan seluruh siswa kelas VII hingga IX dan seluruh jajaran Guru dan Staf SMP Negeri 27 Purworejo. Hadir juga dalam acara tersebut segenap Pengurus Komite Sekolah..
Selain Kesenian Dolalak Purworejo, para siswa juga menyuguhkan kesenian tradisional daerah lain yang merupakan warisan budaya asli Indonesia, diantaranya Tarian Adat Bali, Tari Adat Aceh, Tarian Adat Jawa, dan Tarian-tarian adat dari daerah lainnya.
Tidak hanya itu, aksi Band Musik siswa-siswi 27 pun tak kalah ketinggalan, mereka mempertunjukkan kemampuannya dalam olah musik dan olah vokal, bahkan seorang guru pun tak mau kalah dengan muridnya. Ibu Dra. Tyasni Lestari sukses membawakan lagu kenangan dan mendapatkan tepuk tangan yang meriah dari seluruh pemirsa pertunjukan.
“kami sangat berterima kasih kepada bapak Kepala Sekolah beserta seluruh guru dan karyawan yang telah mengadakan acara ini, kami sangat senang. Mohon acara ini tetap dilestarikan di waktu-waktu mendatang” ujar seorang siswa yang enggan disebut namanya.
Semoga acara ini dapat memupuk jiwa patriotisme dan semangat melindungi warisan budaya Indonesia kepada putra-putri bangsa. Jangan sampai warisan budaya ini diklaim oleh negara tetangga. (Raharjo)

1 komentar:

Unknown mengatakan...

kegiatan semacam ini harap dipertahankan demi melestarikan budaya asli nusantara. saya sebagai alumnus smpn 27 purworejo (ex : smpn 2 purwodadi) sangat mendukung program-program seperti ini. maju terus 27 !!!