Kamis, 10 November 2011

Peringatan Idul 'adh-ha

Islam memiliki dua hari raya yang di dalamnya diperbolehkan perayaan-perayaan dan bersuka ria, yaitu tiap tanggal 1 Syawal ('Idul Fitri) dan tanggal 10 Dzuhijjah ('Idul ‘Adh-ha).



Perayaan ‘Idul ‘Adh-ha memiliki ciri khas karena tidak bisa dipisahkan dari ritual ibadah haji di Mekah Al Mukaramah. Jika umat Islam yang berada di tanah suci untuk menunaikan haji telah melakukan wuquf di Padang 'Arafah, maka pada saat yang sama umat Islam yang tidak sedang menunaikan haji disunahkan untuk melakukan puasa 'Arafah (tiap tanggal 9 Dzulhijjah) dengan tetap memperhatikan mathla’ negara masing-masing. Untuk selanjutnya pada pagi harinya (nahar tanggal 10 Dzulhijjah) menjalankan rangkaian ibadah sholat ‘Idul ‘Adh-ha dan penyembelihan hewan qurban bagi yang mampu.
Berkenaan dengan tuntunan baik di atas, maka SMP Negeri 27 juga memiliki rencana kegiatan untuk ikut menyemarakkan dan mengisi perayaan "Idul Adha. Pada tataran siswa, sesungguhnya yang merupakan kewajiban barulah menjalankan solat 'Idul Adh-ha, namun dengan pertimbangan sebagai didikan untuk melatih mengelola kegiatan dan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, maka para siswa maupun guru/ karyawan juga dilibatkan dalam latihan qurban yang diwujudkan dengan mengumpulkan dana latihan qurban dengan besaran tertentu. Dana itu nantinya akan dibelikan hewan secara kolektif atas nama SMP Negeri 27 Purworejo, untuk selanjutnya dikelola dan dimanfaatkan bersama-sama sesuai tujuan kegiatan.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

wah sip dh smp 27.... Bpk/ibu siapa yg posting? Febri Kelas IX E

Smp Negeri 27 Purworejo mengatakan...

den eko (cah baguz guru agama, he5)